Rabu, Desember 08, 2010

Wow, Serial Desperate Housewife Ternyata Dibuat untuk "Kacaukan" Ideologi Islam!


REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES--Anda penggemar serial Friends yang antara lain dibintangi Jenifer Aniston atau Desperate Housewife? Menurut bocoran WikiLeaks, acara ini termasuk salah satu serial yang didanai pemerintah Amerika Serikat "Sebagai propaganda untuk menghalangi pemuda Arab dari ideologi agamanya dan kecenderungan menjadi ektremis". Nilai dana yang digelontorkan, kata WikiLeaks, mencapai nilai jutaan dolar AS.

Menurut laporan Guardian, acara seperti Desperate Housewives, Late Show dengan David Letterman, dan Friends sengaja disiarkan tanpa sensor dan dengan subtitle bahasa Arab sebagai bagian dari "perang gagasan" melawan unsur-unsur ekstremisme. Dalam file rahasia berlabel "David Letterman: Agent of Influence" (David Letterman: Agen Pengaruh), mereka menganggap acara televisi lebih efektif dalam mengendalikan ekstremisme daripada program berita Al-Hurra, channel berita televisi yang juga didanai AS.

Menurut laporan Wikileaks, dua eksekutif media Arab Saudi mengatakan pada seorang pejabat AS (disebut mengatakannya di Starbucks di kota Jeddah Arab Saudi) bahwa acara serial itu lebih menarik perhatian kaum muda Arab. Ketimbang Al-Hurra, mereka juga lebih suka menonton Fox News milik taipan media Ropert Murdoch.

Apalagi acara-cara yang disukai publik Arab? Guardian memuat daftarnya berdasar informasi dari WikiLeaks:

* Serial tentang relationships, hubungan orang tua-anak atau suami-istri. Salah satu film yang dicontohkan adalah When a Man Loves a Woman, yang dibintangi Meg Ryan.

* Film tentang kemenangan atas tindak korup, contohnya film Michael Clayton yang dibintang George Clooney

* Penghormatan atas hukum, dokumen di Wikileaks mencontohkan film Insomnia yang dibintangi Robin Williams dan Al Pacino).

Red: Siwi Tri Puji B
Sumber: CBS News

0 komentar:

Posting Komentar