Minggu, Mei 23, 2010

KIAT SHALAT TEPAT WAKTU

BAWA SELALU JADWAL SHALAT
1.Tempel jadwal shalat di dinding dan simpan yang berukuran kecil di dompet, sehingga kemana pun pergi selalu tahu waktu shalat.
2.Susun jadwal kegiatan dengan tidak menabrak waktu shalat.
3.Beberapa menit sebelum adzan segera selesaikan pekerjaan dan bersiap untuk shalat.
4.Wudhu sebelum pergi sehingga ketika shalat di perjalanan tidak kesulitan mencari tempat wudhu dan terlambat shalat
5.Ingatlah pahala Allah atas shalat tepat waktu, sebagaimana hadist Rasulullah saw yang menyatakan amal paling utama adalah melakukan shalat pada waktunya(HR Abu Dawud)

SHALAT ADALAH KEBUTUHAN
Sebagai pekerja, mengatur waktu agar dapat shalat tepat waktu membutuhkan kiat tersendiri mengingat banyaknya gangguan yang dihadapi. Ada beberapa kiat yang dapat kita lakukan:
1.Saat pekerjaan menumpuk, kelompokkan pekerjaan kita dalam beberapa bagian menurut skala prioritas. Jika satu bagian sudah selesai, kerjakan bagian yang lain dan usahakan selesai 15 menit sebelum adzan untuk melepaskan kepenatan. Demikian juga saat berbelanja atau rekreasi, usahakan 15 menit sebelum adzan kita sudah berada di lingkungan masjid.
2.Bagi ibu rumah tanga dengan anak yangf masih kecil dan tidak ada yang bisa dimintai bantuan, kerepotan mengurus anak pun jangan sampai menjadi alasan bagi kita untuk menunda waktu shalat. Saat bersuci sementara si kecil rewel minta digendong, biarkan saja dia menangis. Usai kita mengenakan mukena, si kecil bis kita gendong lagi sambil melaksanakan shalat.
3.Jadikan shalat sebagai kebutuhan yang mendesak, sebagaimana orang lapar yang segera membutuhkan makanan. Jangan jadikan shalat sebagai beban dan kewajiban semata.

MENGAJI SEBELUM SHALAT
1.Buatlah ruangan shalat senyaman mungkin baik ventilasi, kebersihan atau kerapihannya sehingga kita merasa nyaman dan ingin bersegera melakukannya.
2.Setel alarm waktu shalat agar kita tidak malas untuk segera shalat. Pilih alarm yang memotivasi shalat.
3.Biasakan 30 menit sebelum shalat kita mengaji terlebih dahulu, sehingga jika tiba waktu shalat kita tidak merasa malas dan langsung shalat.
4.Usahakan semua pekerjaan selesai tepat waktu sehingga sat tiba waktu shalat pun kita bergegas menjalankannya.
5.Jadikanlah shalat tepat waktu sebagai benteng agar kita semakin beriman pada Allah.

HINDARI KEKENYANGAN YANG BIKIN MALAS
1.Selalu ingat tujuan Allah menghidupkan manusia di bumi ini yaitu beribadah kepada Allah.
2.Tidak makn dan minum berlebih apalagi sampai kekenyangan, karena kekenyangan akan membuat malas untuk beraktivitas termasuk shalat.
3.Mendengar dan menjawab jika ada adzan berkumandang dan bersegeralah untuk mengambil wudhu sebelum ada iqomat. Karena saat itu setan sedang lari terbirit-birit (taut mendengar adzan/iqomat). Jika sudah lewat waktu iqomat gangguan setan tambah berat.
4.Berdoa mohon pada Allah agar dimudahkan dalam shalat tepat waktu
(UMMI Edisi No.07/XXNovember 2008/1429 H)

0 komentar:

Posting Komentar