Sabtu, November 05, 2011

Qurban dan manusia sekitarnya


Setiap perayaan idul adha kita selalu ingat kisah heroik keluarga nabi ibrahim as.

selayaknya bagi kita untuk mencontoh pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan keluarganya..

idul adha datang kembali, pertanyaannya sejauh mana pengorbanan yang kita lakukan? sedangkan nikmat yang Allah berikan begitu banyak.. Inna a'thoynakal kautsar...

termasuk yang mana kah kita dalam mensyukuri nikmat yang Allah berikan dengan pengorbanan yang kita lakukan?

tiga karakter manusia dalam perayaan kurban :

1. Manusia Pencuri

karakter pertama adalah manusia pencuri 'aji mumpung, 'yah dia mengikuti perayaan idul adha. Gembira dengan perayaannya, dia bakalan dapat kambing/sapi kurban dan bisa makan dengan puas. Tetapi untuk membantu panitia kurban dia tidak mau. menunggu jatah kurban datang saja kerjanya. Kerja tidak mau, dapet daging kurban banyak sangat mau. inilah karakter manusia pencuri.

2. Manusia Pekerja

berbeda dengan karakter yang pertama, kalau karakter manusia pekerja dia menganut sistem 'take n give' dia bekerja maka dia juga merasa berhak mendapatkan daging, karena dia sudah bekerja. karakter manusia seperti ini sering kita dapati di sekeling kita. mungkin kita diantaranya..

3. Manusia Pahlawan

karakter ini yang jarang kita liat di sekeliling kita, manusia pahlawan. dia berkurban dengan hewan kurbannya, kemudian bekerja membantu pelaksaanaan pemotongannya dan ketika pembagian iya tidak mengharapkan daging dari semua pengorbanan yang ia lakukan.bahkan iya berpikir, seandainya Allah menyuruhnya untuk mengorbankan yang sama, iya akan segera melakukan seperti Nabi ibrahim dan keluarganya. Nikmat Allah terlalu banyak, untuk iya beralasan tidak mau berkurban dengan segenap apa yang iya miliki.

Kita Termasuk yang mana?

Selamat Hari Raya IDUL ADHA 1432 H

Semoga kita senantiasa menjadi orang-orang yang sabar dan Ikhlas seperti Pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS

0 komentar:

Posting Komentar