Selasa, Januari 04, 2011

Asqul: Agresi Israel Tewaskan 635 Siswa dan Guru Serta 166 Sekolah Hancur


Gaza-Infopalestina: Dr. Muhammad Asqul, Menteri Pendidikan menegaskan, meski sulit dan banyak rintangan yang dihadapi Kementerian Pendidikan dalam perjalanan pendidikan, dimulai dengan blockade dan perang, namun terlihat jelas capaian pendidikan jika dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu.

Dalam wawancara esklusif dengan Infopalestina, Selasa (4/1) Asqul menyebutkan bahwa sekolah, siswa dan guru menjadi target serangan Israel dalam agresinya ke Gaza. Perang telah menewaskan syahid dan korban luka ratusan siswa dan guru, pesawat tempur Israel menyerang hampir 166 sekolah. Agresi menewaskan 164 siswa dan siswi sekolah negeri. Dan melukai 454 lainnya dengan beragam luka berbeda. Mayoritasnya patah tangan dan kaki atau luka di wajah dan tubuh secara umum. Keluarga besar pendidikan kehilangan 12 guru yang meninggal syahid, 5 orang mengalami luka yang berbeda-beda.

Meskipun demikian, Kementerian Pendidikan Palestina Kabinet Ismael Haneya, telah menunaikan tanggung jawab agama dan nasional untuk menjaga perjalanan pendidikan dari keterpurukan. Selama dua tahun, Kementerian mampu menghidupkan seluruh sekolah yang diserang Israel, membangun yang hancur dan memperbaharui perlengkapannya dengan potensi lokal dan bantuan dari yayasan Arab, Islam dan lokal.

Asqul menyebutkan bahwa Kementerian Pendidikan masih membutuhkan 25 sekolah setiap tahunnya untuk mengganti bangunan yang roboh akibat blockade sejak 4 tahun lalu. (qm)

0 komentar:

Posting Komentar